Scroll untuk baca artikel
DaerahGorontaloPilihan

Festival Tutulu Sambut Tahun Baru Islam di Gorontalo Berlangsung Meriah, Sajikan Ribuan Kue Cucur Gratis

×

Festival Tutulu Sambut Tahun Baru Islam di Gorontalo Berlangsung Meriah, Sajikan Ribuan Kue Cucur Gratis

Sebarkan artikel ini
Salah satu stand Festival Tutulu dipadati pengunjung, Jalan Satria, Desa Isimu Selatan, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sabtu (6/7/2024). (Foto : Nusatimes.id / Salaa Yusuf)

Nusatimes.id – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H, Desa Isimu Selatan, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, kembali menggelar Festival Tutulu atau Gebyar Cucur pada 30 Zulhijjah 1446 H. Sabtu (6/7/2024).

Event yang berlangsung di sepanjang Jalan Satria ini telah menjadi tradisi tahunan sejak 2018 dan kini memasuki tahun ke – 7 pelaksanaannya.

Festival yang dipusatkan di halaman Masjid Istiqomah Satria ini menghadirkan rangkaian kegiatan yang memfokuskan pada penyajian kuliner tradisional, khususnya kue cucur kepada masyarakat umum.

Sekretaris panitia, Helmi Hatlah mengungkapkan bahwa event ini merupakan bentuk tabaru atau mencari berkah. Tujuannya bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga untuk mendapatkan berkah melalui kebersamaan dan kegiatan positif. Tabaru dalam konteks ini berarti memanfaatkan kesempatan untuk berbagi dan berbuat baik, yang diyakini akan mendatangkan keberkahan bagi semua yang terlibat.

Ia menjelaskan untuk event ini diperlombakan, untuk penilaian lomba didasarkan pada tiga kategori yaitu jumlah cucur terbanyak, kuliner terunik dan penataan stand terbaik.

Apa Komentar Anda?