Scroll untuk baca artikel
NusantaraPilihan

Nomor SIM akan Diganti NIK KTP Mulai Tahun 2025

117
×

Nomor SIM akan Diganti NIK KTP Mulai Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Ilustras: Nomor SIM diganti NIK

Nusatimes.id – Nomor Surat Izin Mengemudi (SIM) akan digantikan oleh Nomor Induk Kependudukan mulai tahun 2025.

Perubahan nomor SIM tersebut, mulai diwacanakan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Diregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan penerapan ini untuk menertibkan data pribadi warga Indonesia sekaligus mendukung pemerintah dalam menerapkan kebijakan single data atau data tunggal menggunakan NIK.

“InsyaAllah wacana (penerapan) tahun depan,” ujar Yusri, Jumat (24/5/2024), dilansir dari PMJNews.

Menurut Yusri, kebijakan single data dapat mempermudah proses pendataan seseorang. Terlebih, NIK setiap warga negara Indonesia berbeda-beda.

“Jadi intinya bahwa kita buat single data. Paling bagus sekali kalau NIK KTP, SIM atau BPJS, kartu KIS, semua pakai nomor NIK. Kan nomor NIK ini cuma satu orang satu di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, manfaat single data mempermudah pada pencarian informasi data lain. Mulai dari data BPJS, Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan lain sebagainya.

“Saya harapkan kan kalau bisa BPJS. Jadi kalau ketik gini, mas datang ke mana ‘KTPnya mana pak?’ ketik keluar semua KTP keluar, misal Simnya sudah sama datanya, terus misalnya BPJS ikut juga datanya,” ungkapnya.

“Inilah yang namanya single data, memudahkan semuanya juga mudah. Buat simple single data namanya arahnya kesana tapi kan enggak ada masalah,” tukasnya.***

Apa Komentar Anda?