Nusatimes.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie melakukan kunjungan dadakan ke kantor Samsat Bone Bolango pada, Kamis (24/4/2025).
Hal ini bertujuan untuk melihat secara langsung kualitas layanan dan kinerja pegawai dalam melayani masyarakat, khususnya masyarakat wajib pajak.
Setelah melakukan peninjauan, Wagub Idah menilai pelayanan di Samsat Bone Bolango cukup baik seperti pelayanan pada Samsat lainnya.
“Tetapi, tingkat kepatuhan masih rendah. Karena saat ini, tingkat kepatuhan masyarakat yang sudah bayar pajak di Provinsi Gorontalo masih 44 persen,” lanjut Idah.
Sebagai upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, Wagub Idah menekankan salah satu solusi.
“Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah peningkatan layanan dengan terus mengaktifkan mobil layanan Samsat di lokasi-lokasi strategis seperti pasar dan disaat hari-hari ramai,” jelasnya.
Dengan solusi tersebut, memungkinkan masyarakat yang tinggal jauh dari kantor Samsat, aksesnya lebih mudah untuk membayar pajak.
Wagub juga ingatkan pentingnya disiplin kerja aparat di Samsat. Meningkatkan pelayanan dimulai tepat waktu dan tetap bersedia selama jam kerja berlangsung.
“Untuk menghindari, jangan sampai masyarakat sudah datang, tapi pelayanan belum siap atau sudah tutup padahal belum waktunya. Ini soal kepercayaan publik,” tegasnya.
Hal yang sama juga akan dilakukan Wagub Idah di Samsat lainnya, ia akan meninjau langsung Samsat yang ada di Gorontalo. Hal ini untuk mendorong peningkatan layanan publik sebagai kontribusi pada pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (Rls)